Perayaan Sekaten Yogyakarta



Jogja dikenal masih sangat kental akan budaya yang sejak dulu hingga kini masih tetap diterapkan dan dijaga keutuhannya. Sekaten merupakan perayaan yang bisa tetap ada hingga saat ini. Yang dimana perayaan ini diadakan setiap setahun sekali.

Perayaan sekaten berlangsung selama satu bulan, yang dimana acara puncaknya yaitu saat Maulud Nabi. Diacara puncak perayaan sekaten terdapat gunungan yang terdapat berbagai macam hasil bumi. Gunungan tersebut nantinya akan menjadi rebutan para peserta yang hadir dalam perayaan Maulud Nabi di depan Masjid Gede Yogyakarta.

Sejarah Perayaan Sekaten Yogyakarta

Menurut gudeg.net perayaan sekaten ada sejak kerajaan Demak yaitu pada abad ke 16. Perayaan yang diadakan sejak Sri Sultan Hamangkubuwono I untuk mengundang masyarakat agar memeluk agama Islam. Acara perayaan sekaten diadakan tepat dibulan ke 3 tanggalan Jawa dan lokasinya di pelantaran alun-alun utara Yogyakarta.

Makna dari kata perayaan sekaten memiliki beberapa versi. Ada yang berpendapat perayaan sekaten berasal dari kata sekati yaitu merupakan nama perangkat pusaka keraton yaitu gamelan yang disebut Kanjeng Kyai Sekati, ditabuh saat perayaan Maulud Nabi Muhammad Saw.

Ada juga yang berpendapat makna perayaan sekaten yaitu berasal dari kata suka dan ati (suka hati dan senang hati) karena orang-orang menyambut perayaan Maulud Nabi dengan perasaan suka dan senang.

Dikalangan masyarakat Jogja muncul keyakinan dengan mengikuti perayaan Maulud Nabi, yang bersangkutan akan mendapatkan pahala dari yang maha Agung dan diberikan awet muda. Sebagai syarat mereka harus mengunyah daun sirih di halaman Masjid gede pada hari pertama perayaan Maulud Nabi Muhammad Saw. Selama perayaan berlangsung banyak orang yang berjualan daun sirih dengan ramuannya, nasi gurih beserta lauk pauknya. Bagi para petani juga berkesempatan memohon agar panennya kedepan akan berhasil.

Ada apa saja di Perayaan Sekaten Yogyakarta

Dipelataran alun-alun kidul terdapat berbagai wahan permainan yang disuguhkan untuk hiburan, mulai dari ombak banyu, kereta kuda, pedagang-pedagang pakaian, makanan dll, sama seperti pasar malam pada umumnya.

Untuk bisa datang kesekaten kamu tidak dikenakan biaya sepersenpun, hanya saja ketika kamu mau naik wahana harus bayar. dan jangan lupa ketika puncak acara Sekaten Yogyakarta saat maulud nabi ikut dalam perayaan gunungan dan nikmati serunya berebut hasil bumi yang disusun tinggi atau orang-orang banyak menyebutnya gunungan.

Pada saat berlangsungnya perayaan sekaten selama satu bulan, sudah pasti kondisi sangat macet. Terutama saat malam minggu. Agar kamu tidak terbuang waktunya ketika macet kamu bisa sewa motor di Mr Rental agar lebih efektif dan effisien. Bisa menghindari macet lebih dini dan mudah ketika kamu parkir.

Jadi sudah merencanakan liburan untuk bulan ini?

kalau sudah Booking Motor di Mr. Rental untuk memudahkan kamu liburan keliling Jogja lebih banyak lagi.

info booking 0812.3456.0348

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *