Faktor pemicu stress

Strees adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul akibat tidak terpenuhinya tuntunan atau keinginan seseorang. Beberapa ilmuan mendefinisikan stres sebagai respon non spesifik dari tubuh di setiap tuntunan.

Menurut Robins (2001) menyatak stres merupakan suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai sesuatu kesempatan yang dimana untuk mencapai kesempatan itu terdapat penghalang atau batasan.

Setiap manusia pasti mengalami berbagai tekanan yang mengakibatkan stres. Banyak faktor-faktor yang mengakibatkan sesorang stres. Ketika kita tidak dapat mengendalikan pikiran kita, stres bisa berdampak tidak baik pada diri kita maupun orang disekitar.

Berikut faktor-faktor yang mengakibatkan stress

Baca juga : 6 tempat wisata jogja yang murah, bikin kamu takjub dengan keindahannya

  • Tekanan Pekerjaan

pic by freepic.com   

Ini banyak dialami disaat pekerjaan kita tidak mencapai target yang diinginkan sehingga membuat kita kepikiran terus untuk mencari solusinya. Namun apabila kita mampu mengendalikan tekanan stres disaat harapan tidak sesuai kenyataan akan muncul ide solusi yang cemerlang dalam mengatasi tekanan ini.

Disamping target, pekerjaan yang menumpuk dan banyak yang belum terselesaikan bias mengakibatkan kita stress.

Baca juga : 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan

  • Kurang istirahat

pic by freepic.com

Tubuh manusia juga membutuhkan istirahat setelah seharian kita gunakan untuk berfikir dan beraktifitas seharian. Kurang istirahat membuat otak kita tidak bekerja secara maksimal. Ibarat mesin, apabila mesin kita gunakan tanpa istirahhat juga akan berakibat tenaga yang dikeluarkan tidak akan maksimal.

  • Hubungan sosial

pic by freepic.com

Hal ini juga sering dialami oleh beberapa orang, ketika patah hati orang akan mudah stres untuk kurun waktu tertentu. Terlalu menanggapi apa kata orang terhadap kita juga bias menimpulkan stress.

  • Kurang liburan

pic by freepic.com.

Liburan juga menjadi sebuah kebutuhan kita saat ini. Ini mengapa aktifitas liburan sangat disarankan oleh pakar kesehatan. Banyak manfaat yang didapat setelah liburan. Namun tidak semua orang bisa menyempatkan waktu untuk liburan, mungkin karena tuntuan pekerjaan ataupun terhalang waktu libur yang singkat. Disaat kita kurang liburan kita akan mudah stress saat melakukan kegiatan.

Baca juga : Sewa motor matic Jogja

  • Masalah keuangan

Meningkatnya kebutuhan ataupun gaya hidup membuat banyak hal yang harus dicapai sehingga membuat kuangan kita kacau. Disini pikiran kita dituntut dan menimbulkan sebuah tekanan yang mampu memicu stress.

 

Setiap manusia pasti memiliki berbagai macam tekanan maupun permasalahan yang membuat stress. Namun semua bias diatasi oleh pikiran kita, bagaimana kita menghadapi tekanan hidup yang timbul dalam diri kita. Jangan pernah merasa hidupmu paling berat, diluar sana masih banyak yang lebih berat dari kamu untuk menghadapi tekanan stress.

 

 

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *