Cara Menabung Untuk Liburan



Banyak yang bingung mengenai cara menabung untuk liburan, tidak dapat dipungkiri untuk liburan membutuhkan banyak biaya. Namun semua itu tergantung tujuan tempat liburan kita, dan juga mau backpacker atau mau liburan mewah. Tentu biayanya berbeda dong antara backpacker dan liburan mewah.

Buat yang belum tahu antar liburan backpacker dan liburan mewah, berikut mr jelaskan.

Backpacker : merupakan cara orang liburan dengan menghemat budget seminim mungkin, mulai dari transportasi baisanya menggunakan kereta ekonomi, pesawat promo, atau bawa kendaraan sendiri.

Hotel biasanya mencari penginapan paling murah, menginap dipenginapan kapsul, mendirikan tenda sendiri, atau numpang di pombensin, pokoknya sebisa mungkin menekan anggara untuk liburan.

Liburan hedon : orang yang liburan hedon biasanya mengutamakan kenyamanan dan waktu. Transportasi menggunakan pesawat, gak peduli mahal bahkan pakai private jet. Hotel yang berbintang sekian, untuk jalan-jalan menggunakan mobil kelas atas beserta supirnya. Untuk budget gak terhingga deh pokoknya.

Nah sekarang sudah tau kan bedanya, sekarng tinggal kamu mau pilih model liburan yang bagaimana. Namun disini mr tidak hanya ingin menjelaskan apa bedanya backpacker dan liburan mewah, tapi akan membahas mengenai cara menabung untuk liburan. Setelah menentukan tipe liburan apa yang pilih, berikut cara untuk merencakan biaya liburan dan merencanakan nabung untuk liburan :

Cek tiket transportasi

Untuk menuju ketempat libura tentuk kita harus menentukan mau naik pesawat atau naik kereta. Syukur syukur kamu dapat tiket promo. Hal pertama yang harus kamu masukan dalam list rencana liburanmu yaitu cari tiket, dan kalau bisa langsung booking tiketnya. Karena harga tiket akan mudah berubah setiap harinya. Apalagi kalau waktu mepet belinya, pasti sudah berbeda jauh harganya. Silahkan masukan kedalam list biayanya apabila kamu sudah menentukannya.

Destinasi wisata

Tentukan destinasi wisata yang ingin kamu tuju, kamu bisa browsing-browsing di internet mengenai daerah yang ingin kamu kunjungi. Dan jangan lupa masukan kedalam list biaya-biaya wahana ataupun tiket masuk didestinasi wisata yang kamu kunjungi. Cari info yang terupdate yang, jangan kamu masukin ke list rencana kalau kamu mendapatkan informasi tiket wisata tahun 2005, sudah tentu harga jauh berbeda dengan biaya tiket wahana tahun 2018. Ingat, cari yang terupdate ya.

Refrensi mencari tempat wisata

Kalau kamu bingung dimana sih bisa cari refrensi tempat wisata, kamu bisa cari di google, google maps, artikel-artikel tentang pengalaman orang lain, media sosial (biasanya instagram). Carilah tempat-tempat yang menurutmu oke untuk dikunjungi dan tentunya yang instagramable buat feed instagrammu.

Transportasi lokal

Ini satuhal yang penting juga, kamu bisa cari informasi mengenai berapa ongkos angkutan umum lokal. Jangan sampai kamu kena harga tinggi karena kamu wisatawan. Pilih cara-cara nego menurut etika lokal, karena budaya menawar kita dengan orang lain belum tentu sama. Pilih alternatif transportasi untuk mengunjungi lokasi wisata yang akan kamu tuju. Atau bisa juga kamu cari jasa rental mobil atau rental motor. Kalau kamu mau fleksibel dan mudah kamu bisa sewa motor di Mr. Renta (khusus Jogja). Masukkan dalam list anggaranmu transportasi lokal.

Hotel

Hotel mungkin mudah untuk saat ini dicara, namun alangkah baiknya kamu cari hotel yang letaknya ditengah-tengah, atau dekat dengan destinaso wisata yang ingin kamu tuju. Walaupun biasanya sedikit agak mahal, namun bisa menghemat biaya ongkos transportasi lokal.

Makanan

Kulik juga informasi mengenai makanan disana, atau wisata kulinernya disana. Kamu bisa cari refrensi berapa biaya untuk makan dilokasi wisata. Tujuannya biar kamu bisa menentukan mau makan tiga kali sehari atau sehari sekali, atau kalau penginapanmu ada dapur, kamu mau masak sendiri bisa lebih hemat.

Oleh-oleh

Buat kamu yang suka beli oleh-oleh ketika liburan, tentukan juga anggarannya untuk beli oleh-oleh. Karena ketika kamu beli oleh-oleh merupakan kekalapan yang muncul dialam bawah sadar. Apalagi ketika ada temen atau kerabat yang tiba-tiba titip tapi gak ngasih duit. Membuat batas anggaran untuk oleh-oleh bersifat wajib. Tentukan batasan biayanya, jangan sampai terlena.

Tujuh hal diatas yang merupakan kebutuhan pokok dan sedikit pokok buat kamu yang mau liburan. Semua harus penuh dengan perencanaan, jangan sampai sepulang liburan kita malah bingung duit kita habis.

Mulai menabung

Setelah menentukan berapa anggaran yang kamu butuhkan, selanjutnya hitung berapa besar kamu harus menabung untuk bisa liburan. Semakin besar kamu menabung setiap hari, minggu, atau bulan, maka liburan semakin dekat didepan mata.

Buat anggaran sewajarnya dan semampu kita

jangan kita membuat anggaran diluar kemampuan kita. Kalau anggaran jauh diluar kemampuan kita liburan hanya akan menjadi wajacan.

Kalau kamu mau liburan dengan budget yang tinggi, misal ke luar negri, kamu harus persiapkan jauh-jauh hari. Semua berbanding denga pemasukan masing-masing.

Buat tabungan khusus

Bikin rekening terpisah untuk kebutuhan liburan boleh juga, tapi jangan pakai ATM ya. Atau kamu bisa minta auto debit dari rekening intimu. Sehingga uang pribadi dengan uang tabungan tidak akan tercampur.

Cara menabung untuk liburan diatas bisa coba kamu praktekan. Perlu komitmen dan konsistensi yang tinggi untuk melakukannya.

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *