Keliling Wisata Bantul dan Kulinernya



tempat sunset di wisata bantul
Spot sunset Watugupit

Siapa yang tidak tahu Jogja, kota yang menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Indonesia setelah Bali. Jogja yang dikenal dengan banyaknya wisata kuliner, jelajah alam, wisata budaya dan keramahan warga lokalnya yang membuat Jogja dikenal sebagai kota yang bikin rindu dan nyaman bagi siapapun yang pernah datang ke Jogja. Penasaran dengan wisata Bantul ?

Begitu banyaknya destinasi yang disajikan di Bantul. Tentunya tidak cukup jika hanya dalam kurun waktu satu hari. Tapi tidak perlu khawatir, Mr akan membagikan destinasi yang wajib kamu nikmati selama berada di Jogja.

Baca Juga :

Hari pertama jam 08.00 WIB sudah keluar dari hotel untuk menuju ke hutan pinus yang terletak di daerah Mangunan. Untuk menuju ke hutan pinus membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai ke lokasi hutan pinus dengan mengendarai sepeda motor. Tapi sebelum berangkat saya sudah booking motor di Mr rental satu hari sebelumnya saat tiba di Jogja. Karena saya sewa motor di Jogja selama 3 hari terus saya dikasih free antar – jemput motor di stasiun, kebetulan tiba di Jogja di stasiun.

Memang untuk liburan kita perlu persiapkan terlabih dahulu disamping mempersiapkan tiket kereta/pesawat dan booking hotel. Ternyata booking motor juga perlu dipersiapkan geng.

Pukul 9.00WIB saya tiba di hutan pinus mangunan, dan waktu yang tepat. Karena pada jam tersebut posisi matahari dalam sudut kemiringan dan cahayanya menembus melalui pohon-pohon pinus yang membuat jadi indah untuk di foto.

Baca Juga :

Puas menikmati hutan pinus mangunan dan sekitarnya akhirnya saya memutuskan untuk makan siang ditempat yang sedikit agak sulit ditemukan. Tapi kuliner ini sudah sangat terkenal walaupun letaknya hanya disebuah rumah pribadi yang terletak di desa dekan kampus ISI.

Ada yang bisa nebak? Baik, makan siang saya yaitu mangut lele mbah marto. Lokasinya sudah ada di maps, namun kemaren sedikit nyasar karena letaknya posisi di maps agak gak tepat. Untuk saja warga sekita baik dan ramah. Mereka dengan senang hati menunjukan lokasinya mangut lele mbah Marto.

Tiba dilokasi yang tempatnya seperti rumah pribadi yang dibikin tempat makan. Dan kitapun dipersilahkan untuk masuk ke dapurnya mbah Marto. Disini masaknya masih menggunakan kayu bakar, sehingga rasa lezatnya manguts sangat melakat dan enak banget. Disarankan datang jangan sore, karena sudah habis kalau kamu datang sore hari.

Sempat bingung setelah makan siang mau kemana, akhirnya memutuskan untuk menuju ke Kasongan. Pusat kerajinan yang berada di Jogja. Sekedar untuk cuci mata dan melihat proses pembuatannya juga. Rata-rata barang yang mereka jual biasanya di eksport. Untuk menuju desa Kasongan dari mangut lele mbah Marto hanya sekitar 15 menit.

Setelah sore hari dan cuaca tidak terlalu panas, akhirnya saya memutuskan untuk menuju gumuk pasir. Tempat wisata yang masih dalam Kawasan pantai parangtritis namun memiliki gumuk pasir yang tinggi. Berfoto-foto disini serasa seperti ada di mesir. Dimana disekitar kita hanya ada pasir-pasir halus yang berbentuk bukit.

Artikel Menarik :

Permainan seru yang terdapat digumuk pasir ini yaitu bermain sandboarding. Sandboarding merupakan olahraga berselancar diatas pasir.  Kalau kalian pernah lihat iklan rokok yang bertemakan tentang adventure terus ada orang berselancar diatas pasir. Kurang lebih seperti itu.

Aku gak punya papannya? Tenang, disana disediakan kok papan sandboardingnya. Untuk tarif sewanya Rp. 50.000 satu jam. Pinter-pinter kamu nego ke masnya. Apalagi kalau Cuma sebagai property foto mungkin bisa lebih murah. Tapi kemaren aku nyoba untuk main sandboarding sepuasnya. Capeknya kalau kita sudah sampai bawah dan naiknya lumaya capek. Kita jalan nanjak diatas pasir.

Setelah capek menikmati selancar dan foto-foto digumuk pasir tidak jauh dari lokasi ini saya menuju ke bukit paralayang watugupit. Tempat ini sebagai landasan terbang untuk olahraga paralayang. Walaupun sekarang menjadi destinasi spot untuk melihat sunset, tempat ini masih tetap digunakan untuk aktifitas paralayang. Hanya saja saat ini sudah dibuatkan tempat untuk menikmati sunset sambal menikmati kopi atau teh serta jajanan pasar yang disediakan dibukit yang terletak dibawahnya landasan paralayang.

Wow, tempat yang sangat seru dan menyenangkan. Kita bisa melihat pemandangan pantai parantritis dari atas dan juga bisa melihat pemandangan lampu-lampu kota disekitar pantai parangtritis.

Waktu yang terbaik untuk dating kesini adalah pukul 17.00 wib – 18.00 wib. Lebih dari jam itu hati-hati masuk angina. Karena minim penerangan dan anginnya juga kenceng. Bisa masuk angina deh hehe.

Puas sudah perjalanan saya dihari pertama keliling Jogja pakai motor. Sangat rekomended banget saat kita liburan ke Jogja pakai motor. Dan sewa motor di jogja terbaik ya di Mr rental. Harganya yang standart fasilitasnya pun lengkap. Harga mulai dari Rp.70.000 perjam dan itu sudah termasuk 2 jas hujan dan 2 helem standart SNI.

Saya sudah gak sabar untuk menikmati keliling jogja pakai motor dihari ke dua. Tungguin cerita selanjutnya.

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *